• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Rabu, 01 Juli 2009

Urgensi Human Capital Management

22.55 // by Abd Ghofar Syarief // 1 comment

Salah satu masalah strategis yang dihadapi dalam krisis keuangan global yang perlu diatasi adalah menyangkut Capital Efficiency yang berkait pada permodalan dan cash flow, sehingga diperlukan strategy untuk mengatasinya.

Capital Efficiency merupakan salah satu factor kunci dalam rangka penciptaan nilai bagi para pemegang saham, sehingga diperlukan kemapuan yang handal dalam mengelola perusahaan baik berupa asset financial maupun non financial (intangible asset) termasuk didalamnya Human Capital Management.

Beberapa factor kunci yang menjadi penentu efficiency dalam pengelolaan capital adalah : Operating Capital (OP), Capital Assets dan Intangible Assets. Untuk menyikapi hal-hal tersebut terdapat beberapa Critical Success Factor (CSF) diantaranya adalah : Management Attention; performance Visibility; process efficiency; understanding the importance of capital management dan accountability

Hal yang tidak kalah penting dengan efficiency Proses adalah perlunya Information Technology (IT), sebagaimana digunakan oleh beberapa perusahaan Jepang yang terkenal dengan jago dalam melakukan effisiensi proses, sekaligus meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

Seperti halnya yang digunakan oleh PT United Tractor Tbk dan Astra Otoparts. IT menjadi kebutuhan mutlak untuk mendukung operasional bisnisnya. Betapa tidak karena dengan satu lini perakitan harus mampu menghasilkan output yang akurat dan cepat sehingga mampu menciptakan value yang dijadikan keunggulan.

1 komentar: